Setiap hasil karya siswa adalah unik, dan kami senantiasa mengapresiasi setiap keunikan.

belajar berliterasi

Generasi yang unggul harus memiliki kemampuan ABAD-21, salah satunya adalah kemampuan literasi. Dalam pengembangan kemampuan literasi siswa, SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro memfasilitasi para siswa untuk menghasilkan karya baik ilmiah (non fiksi) maupun fiksi.

TOPLES QUE (Tote Bag Plastic Of Environment Quote)

Tingkat konsumsi masyarakat dunia terhadap plastik sangat tinggi dan berbanding lurus dengan jumlah sampah plastik yang dihasilkan.

Pola Perilaku dan Prestasi Belajar Siswa Pecandu Anime di SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro

Di Indonesia, anime mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Smart Anti Sleepy Device (Alat Pintar Anti Mengantuk)

Menyetir dalam keadaan mengantuk sangat berbahaya karena memiliki risiko kecelakaan yang tinggi.

Bataplas (Bata Plastik) Ramah Lingkungan dan Aman Gempa

Berdasarkan hasil survei oleh BBC (2018), Indonesia menjadi negara kedua yang paling banyak menghasilkan sampah plastik. Sampah plastik menjadi masalah lingkungan berskala global.

Anti Crime Shoes (Sepatu Anti Kejahatan)

Pada masa sekarang banyak terjadi kejahatan misalnya, pelecehan seksual, penculikan, pembegalan, dan pembunuhan. Aparat kepolisian seringkali terlambat dalam menangani. 

Rancang Bangun Prototype Sistem Pertanian Bertingkat (Vertikultur) dan Penyiraman Otomatis Berbasis Arduino

Lahan pertanian di Indonesia dari tahun ke tahun semakin menyempit. Di sisi lain, banyak tanaman yang mati dikarenakan tidak terawat dengan baik dan benar.

KARYA ANTOLOGI SISWA

Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah program di SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro untuk menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah, meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat, menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan.

RUBY DAN SISIR AJAIB

Dahulu kala di sebuah desa dekat kerajaan hiduplah keluarga miskin. Keluarga itu memiliki putri bernama Ruby, dia sangat cantik dan juga baik, tapi dia sering diejek teman-temannya karena rambutnya yang tipis dan sejak saat itu Ruby tidak mau keluar rumah. 

Sekilas Karya Siswa

Karya para siswa dibuat melalui proses yang panjang, dengan segala usaha sebagai bagian dalam mengembangkan literasi dan seni. Beberapa karya telah meraih prestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

TOPLES QUE (TOTE BAG PLASTIC OF ENVIRONMENT QUOTE)

Oleh :

Haniyah Salma Nur dan Naila Secondaiva Arta Putri

Abstrak :  Tingkat konsumsi masyarakat dunia terhadap plastik sangat tinggi dan berbanding lurus dengan jumlah sampah plastik yang dihasilkan. karakteristik plastik yang tidak dapat terurai secara alami membuat sampah plastik menjadi salah satu masalah bagi kelestarian lingkungan. Di sisi lain, kondisi perekonomian masyarakat mengalami penurunan. Banyak masyarakat yang terkena PHK atau mengalami kebangkrutan akibat pandemi COVID 19. Oleh karena itu, penulis melakukan studi membuat TOPLES QUE (Tote Bag Plastic of Environment Quote) Dalam karya tulis ilmiah ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan segala proses pembuatan TOPLES QUE dan. dengan ekonomi sirkular serta lingkungan berkelanjutansebagai upaya untuk menciptakan ekonomi sirkular dengan peluang usaha baru bagi masyarakat dan mengurangi sampah plastik secara berkelanjutan. Dalam ekonomi sirkular, limbah dari proses, baik proses produksi dan konsumsi produk, akan digunakan sebagai sumber daya untuk proses lainnya (Ellen, 2014). TOPLES QUE dibuat menggunakan limbah kantong kresek dan melalui alur niaga. Proses TOPLES QUE yaitu mengumpulkan kantong plastik kresek, mencuci, menyetrika, membuat pola, menjahit, mengutip, menghias dan memasang tali. TOPLES QUE dapat memberikan nilai jual yang cukup tinggi pada sampah kresek, dengan modal yang terjangkau mampu menghasilkan laba yang cukup besar sehingga dapat mendukung kegiatan ekonomi sirkular mulai dari kegiatan pemulung, lapak, pemasok, produsen, pegawai, konsumen hingga kembali lagi kepada pemulung. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mendukung usaha mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah plastik kresek secara berkelanjutan.
Kata kunci : ekonomi sirkular, plastik, sampah, tote bag

JUARA 2 LKTIN TAHUN 2020 HMP IPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

POLA PERILAKU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PECANDU ANIME DI SMP MUHAMMADIYAH 9 BOJONEGORO

Oleh :

Haniyah Salma Nur, Alya Galuh Kirana dan Nadia Syaharaina Putri

Abstrak : Perkembangan teknologi dewasa ini telah membawa banyak perbedaan terhadap berbagai bidang dalam kehidupan termasuk bidang perfilman yang berupa film animasi. Film animasi sendiri sudah tersebar ke hampir seluruh dunia dan ada juga beberapa negara yang membuat film animasi dengan ke-khasan dari negara tersebut yaitu film animasi dari Jepang yang disebut anime. Di Indonesia, anime mengalami perkembangan yang sangat pesat. anime penontonIndonesia mulai dari anak-anak usia 7 tahun sampai dewasa. Anime termasuk film animasi yang tidak ramah umur, adegan-adegan berbau kekerasan, dan pornografi juga sering ditemui dalam anime tertentu. Hal tersebut dapat mengganggu keadaan psikis seseorang. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan penelitian tentang pola perilaku dan prestasi belajar siswa pecandu anime di SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sampel yang diambil secara acak melalui perangkat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengambil data primer secara langsung dan juga data sekunder dari data-data yang diperoleh dari sekolah maupun blog, web atau sumber lain berkenaan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, pola perilaku siswa pecandu animedi SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro yaitu 60 % suka meniru gaya anime dan tidak memiliki pemikiran yang logis (seperti anime yang dilihat), 100% suka berhalusinasi, berkahayal, penghayatan seolah-olah anime nyata dan komunikasi tidak terarah sehingga 86,7% hidup dalam hayalan dan 66,7% kutipannya sulit dijangkau, 80% percaya budaya anime ada di sekitarnya dan menjadikan diri sendiri sebagai pusat (tokoh utama seperti anime ). Tetapi meski demikian, para siswa pecandu anime hanya 40% yang suka menyendiri. Prestasi belajar siswa pecandu animedi SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro yaitu siswa yang peringkat 10 besar ada 46,67%, sedangkan 53,33% sisanya peringkatnya di atas 10 besar, sehingga jumlah siswa anime dengan peringkat rendah lebih banyak daripada jumlah pecandu anime dengan peringkat tinggi.

Kata Kunci: anime, pola perilaku, prestasi belajar

JUARA 1 LPIR TINGKAT SMP KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2020

SMART ANTI SLEEPY DEVICE (ALAT PINTAR ANTI MENGANTUK)

Oleh :

Rifqy Allantama Basha, Fauzan Ikhdan Nizar dan Abdurrosyid Aqna

Abstrak : Menyetir dalam keadaan sangat berbahaya karena memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Hal tersebut merupakan penelitian yang dilakukan keselamatan lalu lintas ( AAA Foundation for Traffic Safety ) dilansir CNBC menyatakan bahwa satu dari 10 kecelakaan disebabkan oleh pengemudi pada kecelakaan. Selain itu, lebih dari 10 persen pengendara menyetir dengan keadaan yang terlibat dalam kecelakaan yang merusak properti bahkan menghilangkan nyawa. Selain itu, belajar adalah aktivitas yang cukup membosankan bagi anak-anak. juga dengan pegawai kantoran yang sepanjang hari duduk di depan laptop atau komputer. Sehingga saat atau bekerja seseorang sering kali merasa sedang belajar dan menikmatinya.Oleh karena itu, diperlukan suatu alat yang bisa membangunkan saat seseorang atau waktu tidur dan mencegah kecelakaan serta tetap fokus dalam belajar dan bekerja yang disebut Smart Anti Sleepy Device ( Alat Pintar Anti Mengantuk). Dalam pembuatan Smart Anti Sleepy Device membutuhkan beberapa komponen antara lain arduino nano, sensor detak jantung, pemutar mp3 serial, sensor tegangan DC, LCD dan baterai. Semua komponen tersebut dibangun dengan tanpa modul atau perangkat keras menjadi satu kesatuan. Setelah itu dilanjutkan dengan pengemasan alat yang merupakan tahap membuat casing sebagai tempat dudukan perangkat keras yang siap. Cara kerja Smart Anti Sleepy Devicebisa dimulai berkendara atau belajar dengan menekan tombol on/off 5 menit sebelum melakukan aktivitas berkendara atau belajar. Kemudian memasangkan sensor jantung pada ujung jari dan menggunakan headset dengan Smart Anti Sleepy Device. Jika dalam kondisi atau tidur dengan detak jantung kurang dari 50 kali/menit maka mp3 player akan mengeluarkan suara peringatan melalui headset.

Kata Kunci: anti , perangkat pintar, ujian, alat pintar

JUARA 3 LKTI SE-JAWA TAHUN 2020 HMP IPA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

BATAPLAS (BATA PLASTIK) RAMAH LINGKUNGAN DAN AMAN GEMPA

Oleh :

Adawiyya Tsabita Qotrunada, Hafidzah Imaduddin Farizi dan Kintan Adhiestyaresthu

Abstrak : Berdasarkan hasil survei oleh BBC (2018), Indonesia menjadi negara kedua yang paling banyak menghasilkan sampah plastik. Sampah plastik menjadi masalah terkemuka di dunia. Karena semakin banyak yang menggunakan plastik, semakin meningkat pula lingkungan lingkungan. Di sisi lain, secara geografis, Indonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng utama dunia yaitu Eurasia, Indoaustralia dan Pasifik. Pertemuan lempeng-lempeng ini mengakibatkan aktifitas gunung api dan gempa bumi dengan intensitas yang cukup tinggi. Gempa bumi dapat menyebabkan berbagai macam kerusakan bahkan keruntuhan bangunan. Hal ini tentu menimbulkan kerugian materi dan korban jiwa yang tidak sedikit. Oleh karena itu, penulis mencoba mengurangi pencemaran dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi bata yang ringan sehingga aman gempa. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui pengujian bataplas yang meliputi pengujian kuat tekan. Selain itu, data pendukung juga dikumpulkan melalui observasi pandangan luar dan pengukuran bataplas yang meliputi ukuran panjang, lebar, tinggi serta massa bataplas. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, maka bentuk penyajian datanya berupa angka-angka yang kemudian dianalisis dengan menggunakan pengujian kuat tekan bataplas. Pembuatan bataplas ramah lingkungan dan aman gempa melalui beberapa tahap meliputi, pemilahan sampah plastik, pelelehan sampah plastik dan pencetakan bataplas. Pelelehan plastik menggunakan minyak jelantah agar kandungan klorin tidak terlepas di udara sehingga ramah lingkungan. Selain itu, bataplas memiliki massa yang ringan sehingga jika digunakan sebagai bahan bangunan dapat mengurangi korban jiwa akibat reruntuhan gempa. Oleh karena itu, bataplas bersifat ramah lingkungan dan aman gempa.Berdasarkan pengukuran yang meliputi panjang, lebar, tinggi dan massa bataplas, diperoleh bahwa bataplas kemasan kresek memiliki ukuran dimensi 23 x 10,5 x 3 cm dan massa 0,55 kg sedangkan bataplas botol memiliki ukuran dimensi 23 x 10,5 x 4 cm dan massa 0,8 kg, sehingga memenuhi standar SNI didukung dengan pandangan data luar bataplas yang tidak mudah hancur dan patah. Selain itu, daya tekan bataplas kresek kemasan dan bataplas botol plastik sama yaitu 62.525,87 Pa. Mengacu syarat ASTM C 869, dimana kuat bata ringan harus lebih besar dari 1,4 mPa. Maka bataplas botol dan kresek kemasan plastik sudah memenuhi syarat tersebut.

Kata Kunci: bata, plastik, ramah lingkungan, aman gempa

JUARA 1 LPIR TINGKAT SMP KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2019

ANTI CRIME SHOES (SEPATU ANTI KEJAHATAN)

Oleh :

Ananta Nabiilah Bahar1, Fazabilla Azzahra2, Mei Adinda Nabila Lokahita3

Abstrak : Pada masa sekarang banyak terjadi kejahatan misalnya, lakukan seksual, penculikan, pembegalan, dan pembunuhan. Aparat sering terlambat dalam menangani. Oleh KARENA ITU, diperlukan Suatu Upaya Mengatasi kejahatan DENGAN MEMBUAT Anti Kejahatan Sepatu ( Sepatu anti kejahatan ).Dalam pembuatan Anti Crime Shoes dibutuhkan beberapa komponen. Sepatu sebelah kanan menggunakan rangkaian listrik setrum dengan tegangan 1000 kV DC yang terdiri dari baterai sebagai sumber daya, konverter sebagai penaik tegangan dan pemantik sebagai alat yang mampu mengeluarkan arus listrik. Sedangkan sepatu sebelah kiri dibuat dengan rangkaian sistem arduino dan GPS yang terdiri dari baterai sebagai sumber daya, konverter (pembagi tegangan), arduino sebagai pengendali (program), modul SIM GSM (jaringan komunikasi), dan GPS (pelacak lokasi pengguna). Semua komponen tersebut bekerja dengan tanpa modul atau perangkat keras menjadi satu kesatuan sehingga menjadi sepatu anti kejahatan yang terdiri dari sepatu kanan sebagai penyetrum dan sepatu kiri sebagai pemberitahuan kejahatan. Cara kerjaAnti Crime Shoes bisa dimulai ketika ada gejala tindak kejahatan, dengan menekan tombol on pada sepatu kanan untuk membantu melumpuhkan penjahat sementara. Kemudian menekan tombol on pada sepatu sebelah kiri untuk mengirimkan SMS yang berisikan link kepada nomor yang sudah diprogram di dalam arduino dan menunjukkan keberadaan pengguna Antri Crime Shoes.

Kata kunci: crime, shoes, sepatu, anti kejahatan, criminal

MEDALI PERAK DALAM OLIMPIADE PENELITIAN SISWA INDONESIA TAHUN 2018

RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM PERTANIAN BERTINGKAT (VERTIKULTUR) DAN PENYIRAMAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO

Oleh :

Niko Fauza Kurniawan, Najwa Armedia Rahmadianti dan M. Haris Afta

Abstrak : Lahan pertanian di Indonesia dari tahun ke tahun semakin menyempit. Di sisi lain, banyak tanaman yang mati dikarenakan tidak terawat dengan baik dan benar. Tanaman yang tidak terawat ini biasanya dimiliki oleh seseorang yang pekerjaannya menuntut bekerja dari pagi hingga malam, sehingga tidak ada waktu untuk merawat tanaman-tanaman yang di pelihara terutama dalam penyiraman. Perkembangan teknologi khususnya komputer sudah demikian majunya merambah setiap bidang kehidupan. Pemanfaatan teknologi modren pada bidang pertanian diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian terutama budidaya tanaman. Oleh karena itu, untuk mengatasi langkanya lahan dan meningkatkan hasil pertanian diperlukan suatu inovasi yang mampu secara efektif mengoptimalkan lahan untuk mendapatkan hasil pertanian yang maksimal dengan sistem pertanian bertingkat dan penyiraman otomatis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara membuat prototype sistem pertanian bertingkat dalam optimalisasi lahan dan cara membuat sistem penyiraman otomatis berbasis arduino. Dalam proses pembuatan sistem tanaman bertingkat (vertikultur) pada penelitian ini dengan menggunakan pipa paralon yang disusun secara bertingkat dengan rangkaian penyiraman melalui pipa. Media yang ditanamkan adalah top soil. Aliran air dalam pipa paralon dipompa secara memutar, sehingga aliran air akan kembali ke tempat semula. Pembuatan sistem penyiraman otomatis berbasis arduino dengan menggunakan beberapa komponen diantaranya sensor kelembaban, arduino uno dan relay. Pertama sensor kelembaban akan mendeteksi kelembaban tanah dan dikirimkan ke arduino, jika nilai kelembaban > 500, maka tanah kering dan sinyal akan diteruskan ke relay untuk menyalakan pompa secara otomatis. Namun, jika sensor kelembaban menunjukkan nilai kelembaban <500, maka tanah lembab sehingga sinyal akan diteruskan ke relay dan mematikan pompa secara otomatis.

Kata Kunci: pertanian bertingkat, vertikultur, penyiraman otomatis, arduino