kEGIATAN PEMBELAJARAN

Informatika

Pada abad-21 sekarang ini, teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Masyarakat Indonesia mengalami transformasi digital yang sangat pesat. Oleh karena itu, untuk menciptakan generasi  yang unggul harus ditunjang dengan kemampuan teknologi dan informasi yang baik. Mata pelajaran Informatika menjadi wadah dalam kegiatan tersebut, dimana teknologi sebagai sebuah alat dalam seluruh Ilmu Pengetahuan.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan

Kesehatan adalah hal yang utama. Dalam menuntut ilmu, peserta didik harus selalu menjaga kesehatannya. Pada pembelajaran Penjasorkes, peserta didik dibiasakan untuk melakukan olahraga dan mendapatkan ilmu tentang kesehatan agar terbentuk manusia yang sehat jasmani maupun rohani.

Baca Tulis Qur'an (BTQ)

Dalan kegiatan pembelajaran Baca Tulis Qur’an, peserta didik akan melafalkan dan menulis ayat- ayat Al-Qur’an dengan mengetahui aturan-aturan yang telah ditetapkan seperti mahkorijul huruf, panjang pendek, kaidah tajwid, dan ghorib sehingga tidak terjadi perubahan makna.

Bahasa Inggris

Mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris secara kontekstual dan sesuai dengan konteks serta kondisi dan situasi keseharian peserta didik yaitu salah satunya dengan menggunakan game seperti berikut ini. Pembelajaran akan lebih menyenangkan dan mudah untuk diikuti.

Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu tidak hanya dipelajari secara materi tetapi untuk diterapkan dalam kehidupan. Oleh karena itu, dalam pembelajaran sering diterapkan kegiatan bermakna untuk membelajarkan peserta didik menerapkan ilmu di kehidupan. Terutama dalam pembelajaran IPA yang mempelajari tentang kehidupan makhluk hidup dan fenomena alam yang sangat berkaitan dengan kehidupan manusia.

Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Jawa

Belajar bahasa tidak selalu penuh dengan materi tetapi lebih tentang bagaimana cara siswa mengekspresikan diri dengan bahasa yang baik dan benar melalui tulisan maupun lisan.

Hafalan Qur'an

Selain kegiatan pembelajaran akademik yang bersifat umum, di SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro juga terdapat Hafalan Qur’an, dimana setiap peserta didik diberi target hafalan minimal 2 juz ketika lulus dari SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro. Selama pembelajaran daring, peserta didik tetap wajib setor hafalan baik melalui google meet maupun video.

PPKN

Pembelajaran PPKN bertujuan untuk mengembangan kecerdasan warga negara dalam dimensi spiritual, rasional, emosional dan sosial, mengembangkan tanggung jawab sebagai warga negara dan menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada bangsa dan negara. Pembelajaran yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro sangat bervariasi, disesuaikan dengan perkembangan karakter peserta didik, berikut adalah contoh hasil komik pembelajaran PPKN.